KEMAMPUAN KELAS XII SMA NEGERI I SAWANG ACEH SELATAN MENULIS SURAT LAMARAN PEKERJAAN


KEMAMPUAN KELAS XII SMA NEGERI I SAWANG ACEH SELATAN MENULIS SURAT LAMARAN PEKERJAAN

 

1.1  Latar Belakang

Bahasa merupakan alat paling utama yang dimiliki manusia untuk berkomunikasi di antara sesama baik antara individu maupun antar kelompok. Dikatakan alat yang paling utama karena melalui bahasa manusia saling memahami.melahirkan pikiran, mengungkapkan perasaan, gagasan dan kehendak dalam kehidupan baik secara tertulis, lisan maupun abstrak ( keraf, 1994 : 32 ). Bahasa juga menunjukkan tanda yang jelas kepribadian seseorang.

Bahasa digunakan dalam berbagai macam aktifitas, salah satunya berkomunikasi dengan orang lain. Cara berkomunikasi ada dua jalur yang dapat dilaksanakan yaitu secara tertulis dan secara lisan. Jalur tertulis salah satunya adalah melalui surat, surat merupakan alat komunikasi yang baik dan efektif dalam menyampaikan maksud dan tujuan. Isi surat bermacam-macam, salah satunya adalah surat lamaran pekerjaan. Dalam membuat surat lamaran pekerjaan harus mempunyai ketrampilan ilmu pengetahuan, karena apabila terjadi kesalahan dalam penulisan yang ingin disampaikan kepihak lain tidak akan sampai sesuai dengan maksud dan tujuan surat.

Menurut suryanto ( 2006 : 73 ) untuk menulis surat lamaran, pekerjaan harus memiliki ketrampilan dan kemahiran terutama hal :

  1. Pengusaaan bahasa secara baik dan benar
  2. Pengetahuan kedudukan masalah yang dipersoalkan serta latar belakangnya
  3. Maksud dan tujuan surat
  4. Kemampuan tentang posisinya dalam membuat surat artinya terhadap siapa atau untuk siapa surat itu di berikan

Dalam membuat surat lamaran pekerjaan hal-hal yang telah disebutkan diatas juga harus dikuasai penulis.

Surat lamaran pekerjaan yang dibuat seseorang sifatnya resmi, yang namanya resmi tentu ada format baku yang harus diikuti oleh sipenulis surat tersebut, mulai dari kepala surat pembuka surat isi surat, maupun penutup surat. Kemudian dari segi bahasa, bahasa yang digunakan harus resmi dan baku.

Penggunaan bahasa dalam surat lamaran pekerjaan sering ditemui kesalahan baik itu dala bentuk pemilihan kata kalimat maupun merangkaikan kalimat menjadi paragraf. Akibatnya dalam penggunaan bahasa sering sekali surat lamaran pekerjaan isi dan tujuan tidak jelas. Padahal surat yang dikirim ke pihak tertentu harus jelas, singkat dan padat dengan menggunakan kalimat-kalimat yang efektif ejaan yang benar dan tanda baca yang tepat.

Menulis surat lamaran pekerjaan sudah diajarkan kepada siswa XII SMA namun dalam penulisannya masih banyak terdapat kesalahan terutama yang berhubungan dengan format penulisan, ejaan tanda baca akibat kesalahan tersebut surat lamaran pekerjaan yang ditulis isi dan tujuannya tidak jelas.

Berdasarkan masalah tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut tentang surat lamaran pekerjaan. Dengan menetapkan judul “ Kemampuan Siswa Kelas XII SMA Negeri I Sawang Aceh Selatan Menulis Surat Lamaran Pekerjaan “.

Adapun yang menjadi alasan penulis memilih judul ini adalah ( i ) ada sumber data ( 2 ) menulis surat lamaran pekerjaan penting untuk dikuasai siswa, dan ( 3 ) untuk menambah wawasan penulis tentang menulis surat lamaran pekerjaan.

1.2  Rumusan Masalah

Penelitian ini berhubungan dengan penulisan surat lamaran pekerjaan. Oleh sebab itu, yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah “ KEMAMPUAN SISWA KELAS XII SMA NEGERI I SAWANG ACEH SELATAN MENULIS SURAT LAMARAN PEKERJAAN” ?

1.3  Tujuan Penelitian

Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui KEMAMPUAN SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 SAWANG ACEH SELATAN MENULIS SURAT LAMARAN PEKERJAAN.

 

1.4 Manfaat Penelitian

Penelitian ini sangat penting dilakukan karena dapat memberi manfaat yang cukup besar.

(1)   Bagi penulis, penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan penulis tentang teknik-teknik menulis surat pada umumnya, dan teknik-teknik menulis surat lamaran pekerjaan secara spesifik

(2)   Bagi siswa, penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam menulis surat, khususnya surat lamaran pekerjaan

(3)   Bagi guru, penelitian ini dapat dijadikan bahan perbandingan dalam pembelajaran surat menyurat disekolah

(4)   Bagi pengembangan ilmu pengetahuan, penelitian ini hendaknya dapat menjadi rujukan bagi penelitian lainnya yang identik

 

 

 

 

 

 

 

By Acehmillano Ganto Posted in MAKALAH

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s